Langsung ke konten utama

WANIANSE

Wanianse
bagian VI

setelah malam, wanianse mengajak kedua anaknya mendengarkan cerita di rumah nenek. berjalnlah merek bertiga di bawah purnama yang menyinari kampungnya. untung saja ada sinar bulan. beberapa jarak mereka berjalan, tiang lampu yang belum lama dibangun pemda terlewati, listrik tenaga surya itu menyinari menambha terang sinar bulan, semntara angin laut menghangatkan langkah kakinya.

setiba di rumah nenek, Wanianse memanggil ibunya, "Ibu, assalamu alaikum.
dari dalam rumah panggung itu, "Waalaikum salam".
la ijo dan wa leja langsung naik ke dalam rumah, mereka beruda mencium tangan neneknya.

"Nenek, ciritakan kita dong, seperti biasa, saya mau datang ke rumah nenek untuk mendengarkan cerita nenek," kata wa leja sambil menarik tangan neneknya ke dekat lampu minyak.

maka duduklah nenek dan wanianse di dekat lampu minyak, sementara la ijo dan wa nianse berbaring, sarung mereka menutup sampai di ujung jari kakinya, wa leja di tengah antara kaki neneknya dan la ijo.
"Mau cerita apa toh?' tanya neneknya.
La kolo-kolopua dengan landoke-ndoke" nenek, tetapi yang baik ya?

Ok, jawab neneknya. semnatra wanianse juga ikut mendengarkan
begini ceritanya.

suatu waktu, di zaman dahulu, landoke-ndoke dengan lakolo-kolopua berteman. kemana saja mereka berteman. ke gunung sama-sama, ke laut juga sama-sama. maka ketika mereke berjalan menuju gunung, mereka melawati perkampungan manusia yagn sedang menangis.
bertanyalah la kolo-kolo pua, "Mengapa kalian menangis?"
menjawablah orang-orang itu, "Baru saja raja kami meninggal," urai orang itu.
"Jadi, mengapa kalian menangisinya? tanya landoke-ndoke.
"karena Raja kami sangat baik pada kami, ia tidak mementingkan diri dan keluargnya, ia mementingkan kepentingan rakyat banyak.jawab orang itu lagi.

"oh, begitukah? landoke-ndoke heran, dimana mayatnya? tanya landoke-ndoke.
"kami sudah kuburkan, kami tidak mau ia tersiksa di dalam tangis kami," jawab seroagn lagi.

"Apa lagi yang kalian pusingkan? jangan tangisi dia lagi, agar arfahnya bisa menjadi tenang di akhirat sana," jawab yang lain,
nenek tetap semangat bercerita, sementara wa leja dan la ijo beberapa kali membolak-balikan tubuhnya dan telinganya tetap mendengarkan cerita neneknya.

"lalu bagaimana lagi nenek? desak wa leja ketika nenejknya memberi jedah pada ceritanya.

maka menjawablah orang-orang kampung itu, "bahwa kami belum mendapatkan calon penggantinya."
landoke-ndoke dan lakokolopua saling menatap, dan landoke membisik la kolopua agar bagaimana kalau kita jadi pemimpin mereka?
"boleh, yang penting kita dapat memberikan yang terbaik untuk mereka", jawab lakolopua.
"bagaimana kalau kami berdua menjadi raja kalian?" tanya lakolopua pada penduduk kampung itu.
"Bisa saja, asal kalian dapat jujur dan terbuka pada rakyat kami. Tidak mementingkan diri sendiri seperti raja kami, tidak mementingkan partai seperti raja kami, dan yang terpenting lagi adalah mau meningkatkan SDM di negeri ini.

"Itu tidak ada masalah, jawab la ndoke-ndkoe, sebab itu adalah tujuan kami melakukan perjalanan ini.

besoknya, maka berkumpullah semua warga negeri itu, dan hadirlah di situ seekor kancil.
ketika landoke-ndoke dan lakolo-kolopua hadir di atas mimbar untuk membawakan pidato, maka lompatlah kancil dan mengabil microfon dan berkata, "Saudara-saudara, kita baru saja kehilangan seorang raja, dan sekarang akan hadir di depan kita seorang calon dara dan perdana mentri. hanya sebelum mereka dinobatkan sebagai raja dan perdana mentri, saya mau bertanya pada mereka,"

"Apakah mereka berdua ini, mau bekerja untuk kesejahteraan negeri ini atau mau bekerja untuk kelompok dan partainya?
"La Ndoke dan lakolopua saling menatap, dan melangkah la ndoke ke depan dan berkata, kami hanya mau mengbdi pada rakyat, dan bukan untuk kepentingan pribdi kami.
"maka si kancil, begerak ke arah pengeras suara dan berkata, mudah-mudahan, kita dapat membangun negeri kita dengan pasangan ini. ttp ingan saudara-saudara, mereka telah berjanji di depan kita bhawa mereka mau bekerja untuk kita".

Maka dilantiklah lakolo-kolopua sebagai raja dan landoke-ndkoe sebagai perdana mentri.
setelah membentuik kabinet, ka kolopua membuat perencanaan pembanguan negerinya dengan sangat seksama, turun mendengarkan kebutuhan rakyatnya, ia berjalan dari kampung-ke kampung memperkuat pengetahuannya tentang kebutuhan masyarakat, mengadakan dialog dengan masyarakatnya.
maka terwujudlah rencana pembangunan negerinya dengan benar. dan hanya satu kendalanya, yaitu tidak ditemukannya orang ytang dapat menyusun seluruh perencanaan itu dengan baik. seluruh pegawainya tidak mengerti, tidak tahu bekerja, maka diutuslah anjing untuk menelusuri sebab mengapa pegawai tidak dapat bekerja seperti itu? dan tiga hari kemudian, angjing melaporkan bahwa walaupun raja di kampung ini adil dan sangat disukai oleh masyarakat, tetapi perdana menteri merekrut pegawai dengan cara membayar dan nepotisme.

maka dipanggillah la ndoke-ndke sebagai perdana mentri baru, untuk menyusun perencanaan pembangunan bersama raja, maka ditemukan masalah untuk memajukan negeri ini agar lebih maju lagi adalah dengan meningkatkan anggaran pendidikan, agar anak-anak di negeri ini dapat memiliki kesadaran dan dapat memberikan kontribusi dalam pembanguan kampungnya.
setelah mereka bekerja dengan jujur, memberantas korupsi, bekerja untukrakyat, meningkatkan SDM, maka negeri itu menjadi makmur dan kaya raya, tidak ada lagi penerimaan pegawai yang harus membayar, tidak ada lagi nepotisme, dan masyarakat sudah mulai bekerja dengan baik. mereka semua sejarhtara. hahaha

"Nenek, kapan kampung kita sepetrti itu nek"? tanya wa leja.
wanianse dan nenek hanya tertawa, dan berkatalah wa nianse, "Ketika pemimpin kita dapat berpikir untuk membangun negeri kita.
maka tertidurlah la ijo dan wa leja dengan tenang

bersambung.............

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGUNGKAP KETOKOHAN MUHAMMAD IDRUS

 Oleh Dr. La Niampe, M.Hum [2] 1.       Siapakah Muhammad Idrus itu? Muhammad Idrus adalah Putra Sultan Buton ke-27 bernama La Badaru (1799-1823). Ia diperkirakan lahir pada akhir abad ke-18. Dilihat dari silsilah keturunannya, Beliau termasuk keturunan ke-16 dari raja Sipanjonga; raja Liya dari tanah Melayu yang pernah berimigrasi ke negeri Buton (lihat silsilah pada lampiran). Dalam naskah ”SILSILAH RAJA-RAJA BUTON” Muhammad Idrus memiliki 33 orang istri dan dikaruniai anak berjumlah 97 orang, dua orang di antaranya terpilih menjadi Sultan Buton, yaitu Muhammad Isa sebagai Sultan Buton ke-31 (1851-1861) dan Muhammad Salih sebagai Sultan Buton ke-32 (1861-1886). 2. Nama dan Gelar             Muhammad Idrus adalah nama lengkapnya. Selain itu ia juga memiliki cukup banyak tambahan atau gelaran sebagai berikut: a.       La Ode La Ode adalah gelaran bangsaw...

Buku Tembaga dan Harta karun Wa Ode Wau dalam Pelayaran Tradisional Buton

Oleh: Sumiman Udu Dalam suatu diskusi dengan teman-teman di beberapa jejaring sosial, banyak yang membicarakan tentang harta karun Wa Ode Wau. Dimana sebagian dari mereka ada yang mengatakan bahwa harta itu masih milyaran Gulden, dan ada yang mengatakan bahwa harta karun itu tersimpan di gua-gua, ada juga yang mengatakan bahwa harta itu tersimpan di dalam tanah dan ditimbun. Berbagai klaim itu memiliki dasar sendiri-sendiri. Namun, kalau kita melihat bagaimana Wa Ode Wau memberikan inspirasi pada generasinya dalam dunia pelayaran, maka harta itu menjadi sangat masuk akal. Banyak anak cucu Wa Ode Wau (cucu kultural) yang saat ini memiliki kekayaan milyaran rupiah. Mereka menguasai perdagangan antar pulau yang tentunya di dapatkan dari leluhur mereka di masa lalu. Dalam Makalah yang disampaikan yang disampaikan dalam seminal nasional Sejarah itu, beliau mengatakan bahwa sebutan sebagai etnik maritim yang ada di Buton, sangat pantas diberikan kepada pelayar-pelayar asal kepulauan t...

Harta Kekayaan Wa Ode Wau: Antara Misteri dan Inspirasi

 Oleh: Sumiman Udu Kisah Tentang Wa Ode Wau sejak lama telah menjadi memori kolektif masyarakat Buton. Kekayaannya, Kerajaan Binisnya hingga kemampuannya memimpin kerjaan itu. Semua itu telah menjadi sebuah misteri bagi generasi muda Buton dewasa ini. Dari satu generasi ke generasi berikutnya selalu berupaya untuk menemukan harta karun itu. Dan sampai saat ini belum pernah ada yang terinspirasi bagaimana Wa Ode Wau mengumpulkan harta sebanyak itu.